TRANSIT ORIENTED DEVELOPMENT (TOD) KERJASAMA PT. KAI DAN PERUMNAS-11

TOD akan dibangun di 3 Stasiun Baru oleh Perumnas

Perumnas kembali akan membangun Rusun dan Apartemen berkonsep TOD (Transit Oriented Development). Ini dia 3 (tiga) Stasiun Baru yang dimaksud.

Perum Perumnas kembali akan membangun tiga proyek rumah susun dan apartemen dengan konsep TOD (Transit Oriented Development) setelah proses groundbreaking TOD di Stasiun Tanjung Barat dan Stasiun Pondok Cina dimulai.

Bapak Muhammad Nawir, selaku Direktur Pemasaran Perum Perumnas mengatakan bahwa Perumnas akan kembali memperoleh tanggungjawab untuk mengembangkan proyek serupa di 3 stasiun lainnya, yaitu stasiun Rawa Buntu, Pesing, dan Stasiun Klender.  Dari ketiga rencana tersebut, sepertinya stasiun Rawa Buntu yang akan lebih dahulu direalisasikan pembangunannya.

Baca juga: Syarat Ketentuan Mendapatkan Promo Cashback Rp. 500.000,- (lima ratus ribu rupiah) dengan Pembelian unit Apartemen Sentraland Bekasi.

Untuk membangun lebih banyak hunian TOD, Perumnas telah mempersiapkan ekuitas senialai Rp. 3 triliun, dimana Rp. 1,5 triliun diataranya berupa Penanaman Modal Negara (PMN).  Namun BUMN perumahan tersebut juga masih memiliki kapasitas pendanaan hingga Rp. 7 triliun ke depannya yang didapat dari pinjaman perbankan.

Menurut Bapak Nawir, kehadiran hunian TOD yang terintegrasi di atas stasiun diharapkan mampu mengurangi kemacetan dengan pengurangan volume penggunaan kendaraan pribadi dan masyarakat terderong untuk lebih menggunakan transportasi umum dengan harga yang lebih terjangkau.  Rencananya di sekitar TOD ini juga akan dialokasikan tempat bermain anak, klinik, tempat ibadah dan balai warga.

Sesuai data yang diperoleh, saat ini masyarakat pengguna moda transportasi commuter line sudah mencapai 1.024.000 orang per harinya.  Angka tersebut diperkirakan akan terus meningkat hingga mencapai target 1,2 juta penumpang per hari pada tahun 2019.

Baca juga: Syarat Pengajuan Kredit Pemilikan Apartemen di Sentraland Bekasi.

Menurut penjelasan Direktur Utama PT. Kereta Api Indonesia (KAI), Edi Sukmoro, konsep TOD tentu saja akan memudahkan mobilisasi masyarakat dalam beraktivitas.  Terlebih pembangunan ini akan lebih efisien biaya transportasi penghuni karena terintegrasi langsung dengan kreta.

Perumahan juga akan dilengkapi dengan area komersil dan fasilitas umum yang semuanya terintegrasi dalam satu kawasan, sehingga penghuni dapat melakukan berbagai aktivitas sehari-hari karena ada ruang sosialisasi.

Ingin Miliki Hunian Rusun dan atau Apartemen berkonsep Transit Oriented Development (TOD) ini? Silahkan Daftar Booking online via Link berikut ini: bit.ly/2yO5tAv

Diharapkan, kedepannya hunian berkonsep transit oriented development (TOD) ini dapat dikembangkan lebih banyak lagi.  Harapannya Tidak hanya terintegrasi dengan moda transportasi kereta api saja, namun juga dapat terintegrasi dengan moda transportasi lainnya.

Sumber: bisnis.tempo.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*